Sambutan Dekan

Sambutan Dekan

Assalamu’alaikum  Warohmatullahi Wabarakatuh

Selamat datang di Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti….

Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti didirikan untuk memenuhi kebutuhan industri Migas terhadap tenaga ahli yang handal dibidang kebumian dan energi. Didirikan sebagai konsorsium bersama antara Pertamina dan Universitas Trisakti mengacu kepada piagam bersama yang ditandatangani pada tanggal 7 Juli 1979. FTKE saat ini berkembang menjadi 4 program studi unggulan yaitu : Teknik Perminyakan, Teknik Geologi, Teknik Pertambangan, dan Magister Teknik Perminyakan.

Visi FTKE Usakti yaitu menjadi Fakultas yang andal, berstandar Internasional dengan tetap memperhatikan nilai-nilai lokal dalam mengembangkan ilmu pengetahuan,  teknologi kebumian dan energi, untuk meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.

Sejalan dengan Visinya, FTKE Usakti terus mengembangkan diri berusaha memenuhi kebutuhan stakeholders, berupa kebutuhan kemasyarakatan (societal needs), kebutuhan dunia kerja (industrial needs), kebutuhan profesional (professional needs) dengan memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan (continuous improvement), yang dijalankan secara internal untuk mewujudkan visi dan misi,  melalui penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.

Selama 40 tahun berdiri FTKE Usakti telah menghasilkan lulusan yang berkualitas dan sukses dibidangnya. Dibuktikan dengan profil alumni yang sukses dan menduduki  beberapa posisi penting di perusahaan besar dan pemerintahan. FTKE Usakti juga mengembangkan networking yang luas dan ikatan alumni yang kuat didunia industri serta kerjasama dengan perguruan tinggi baik dalam dan luar negri. FTKE Usakti memanfaatkan networking dengan alumni dan industri ini untuk mengembangkan sistem pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan industri yang rutin dievaluasi secara periodik.

Kondisi eksternal menunjukkan bahwa eksistensi FTKE Usakti masih sangat diperlukan dan akan memberikan nilai bagi perkembangan Indonesia di masa depan dengan mempertimbangkan luas daerah dan potensi sumberdaya mineral dan energi Indonesia. Dalam bidang energi seiring dengan arah kebijakan pemerintah untuk mengembangkan energi alternatif yang ramah lingkungan, FTKE telah merintis usaha pengembangan energi baru dan terbaharukan yang direalisasikan dengan keberadaan pusat studi yang fokus terhadap pengembangan energi baru dan terbaharukan.

Demikian sambutan ini disampaikan dengan harapan agar Bapak/Ibu/Saudara dapat lebih mengenal FTKE Usakti dan dapat mengajak putra/putri/saudaranya untuk bergabung menjadi tenaga ahli kebumian dan energi yang masih banyak diperlukan oleh Indonesia.

Wassalamu’alaikum Warrohmatullaahi Wabarokatuh