Berita

Berita Thumbnail
Selasa, 30 Agustus 2022
Oleh: adminftke

Seminar Nasional FTKE Usakti 2022

Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti berkolaborasi dengan Fakultas Teknik dari beberapa Universitas di Indonesia dan Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) Wilayah Tengah menyelenggarakan Seminar Nasional pada hari Selasa, 30 Agustus 2022, dimulai dari pukul 08.30 s.d. 15.00 WIB secara daring via link zoom meeting.

Adapun seminar tersebut mengusung tema “Peran Aktif Pendidikan Tinggi Teknik dalam Transisi Energi dan Pembangunan SDM Unggul di Indonesia”.

Acara Seminar ini dihadiri oleh para Dosen, para Mahasiswa dari Universitas Trisakti dan Universitas Lain serta dari beberapa institusi.

Seminar Nasional FTKE 2022 dimulai dengan sambutan dari Ketua Panitia Dr.Sc. Rendy, S.T., M.Eng dan sambutan dari Dekan Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti Dr. Ir. Muhammad Burhannudinnur, M.Sc., IPM, dan dibuka dengan sambutan dari Rektor Universitas Trisakti, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, kemudian dilanjutkan dengan paparan dari masing-masing pembicara dan diskusi serta tanya jawab.

Sebagai Keynote Speaker adalah Dr. Ir. Hendra Iswahyudi, M.Si. (Direktur Perencanaan Infrastruktur EBTKE, Kementerian ESDM)

Acara Seminar Nasional FTKE 2022 ini terbagi dalam 2 Sesi Panel, sebagai Pembicara dalam Sesi Panel ke 1:
• Prof. Ir. Ridho Kresna Wattimena, M.T., Ph.D., IPU (Dekan FTTM ITB)
• Dr. Ir. Sutarto, M.T. (Dekan FTM UPN Veteran Yogyakarta)
• Ir. Frederik Haryanto Sumbung, S.T., M.Eng. (Dekan FT Universitas Musamus Merauke)
• Dr. Sri Mulyaningsih, S.T., M.T., IPM (Dekan FTM IST-AKPRIND Yogyakarta).
Dan sebagai moderator dalam Sesi Panel Ke-1: Dr. Suryo Prakoso, S.T., M.T., (Wakil Dekan I FTKE USAKTI).

Dalam Sesi Panel ke-2 diisi oleh Pembicara:
• Prof. Dr.-Ing. Ir. Asep Ridwan, S.T., M.T., IPM (Dekan FT UNTIRTA)
• Prof. Ir. Mega Fatimah Rosana, M.Sc., Ph.D. (Dekan FTG Unpad)
• Dr. Harjono Padmono Putro, S.T., M.Kom. (Dekan FT Universitas Krisnadwipayana)
• Dr. Ir. Muhammad Burhannudinnur, M.Sc., IPM (Dekan FTKE USAKTI)
Dan sebagai moderator dalam Sesi Panel Ke-2: Dr. Pantjanita Novi Hartami, S.T., M.T., IPU (Wakil Dekan IV FTKE USAKTI).

Ketua Panitia Dr. Sc. Rendy, S.T., M.Eng., menyebutkan bahwa acara seminar nasional ini merupakan bagian dari implementasi kerja sama yang dilakukan FTKE dengan Fakultas Teknik beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia.

Dalam sambutannya Rektor USAKTI Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA menyampaikan bahwa Perguruan tinggi memiliki peran penting dalam mempersiapkan SDM unggul, termasuk mengenai pemikiran baru dan inovasi yang berkaitan dengan energi. Ketahanan suatu negara sangat bergantung kepada penguasaan sumber energi (fosil), sehingga negara-negara yang tidak memiliki akses terhadap energi akan bergantung dan mudah dikuasai oleh negara yang menguasai energi. Hal ini dikenal sebagai siklus geopolitik energi. Namun demikian, jika energi alternatif terus dikembangkan, siklus energi tersebut dapat terputus, sehingga manusia tidak lagi bergantung kepada kekuatan geopolitik tertentu. Hal ini tentu harus dipersiapkan dengan tenaga ahli yang mampu mengembangkan teknologi untuk memanfaatkan sumber-sumber energi alternatif tersebut.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari pemaparan oleh para narasumber antara lain, perguruan tinggi menghadapi berbagai tantangan yang berkaitan dengan transisi energi. Tantangan tersebut meliputi tuntutan dari industri, perkembangan peraturan, dan tuntutan akreditasi. Perguruan tinggi diharapkan mampu menggali potensi dan kekhasannya masing-masing. Dibutuhkan juga satu kolaborasi berbagai bidang keahlian, sehingga masing-masing dari perguruan tinggi akan bisa memanfaatkan sumber daya dan peluang yang ada untuk bisa menghasilkan SDM yang unggul. Selain itu, perlu adanya persiapan infrastruktur, kurikulum baru yang mendukung, sertifikasi kompetensi, serta kolaborasi antara industri-perguruan tinggi-pemerintah. Di samping hardskill dan literasi data, diperlukan juga pembangunan karakter dan kemampuan softkill, sehingga SDM yang diharapkan dapat beradaptasi dengan perubahan dunia yang sangat cepat. Perlu juga adanya riset-riset yang dilakukan bersama dalam rangka menyongsong transisi energi.

Semoga dengan diadakannya Seminar Nasional FTKE 2022 dapat memberikan wawasan kepada masyarakat umum, khususnya civitas academia mengenai bagaimana peran pendidikan tinggi teknik di Indonesia dalam rangka mendukung program transisi energi, sekaligus mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul guna mendukung program tersebut.