Berita

Berita Thumbnail
Jumat, 29 Juli 2022
Oleh: ftke

Seminar Ilmiah Mahasiswa (SIM) FTKE Usakti 2022

Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti telah melaksanakan Seminar Ilmiah Mahasiswa (SIM) FTKE Usakti  yang diselenggarakan pada hari Kamis, 28 Juli 2022 dimulai dari pukul 08.00-17.00 WIB, secara daring via zoom meeting.

Acara Seminar Ilmiah Mahasiswa (SIM) FTKE  ini diselenggarakan oleh DRPMF FTKE Usakti yang dihadiri oleh Dosen Prodi Teknik Perminyakan, Dosen Prodi Teknik Geologi, Dosen Prodi Teknik Pertambangan dan Dosen Prodi Magister Teknik Perminyakan FTKE Usakti,
Dalam Acara ini sebagai Keynote Speaker : Maman Abdurrahman, S.T., (Wakil Ketua Komisi VII DPR RI).
Plenary Session 1 oleh Ir. Nara Nilandaroe, MM (General Manager Genting Oil & Gas),
Plenary Session 2 oleh Azaria Indra Wardhana, S.T., M.Si. (Analis Kebijakan Ahli Muda Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Direktorat Pembinaan Program Mineral dan Batubara).

Acara ini diadakan dengan dilatarbelakangi Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi civitas akademika untuk senantiasa mengikuti perkembangan terbaru. Pada setiap tahun akademik mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi melakukan penelitian tugas akhir dengan berbagai tema terkait ilmu kebumian dan energi dibawah bimbingan dosen-dosen dengan keahlian sesuai tema. Disamping itu, mahasiswa juga mendapat kesempatan bergabung dalam penelitian dosen yang dilakukan secara berkala sehingga mahasiswa FTKE Usakti dapat menghasilkan karya dengan berbagai topik keahlian.
Dalam Seminar Ilmiah Mahasiswa (SIM) FTKE 2022 ini ada 82 paper mahasiswa yang diikutsertakan.

Kegiatan Seminar Ilmiah Mahasiswa (SIM) FTKE 2022 ini bertujuan untuk memberikan wadah kepada mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan dalam menghasilkan suatu karya ilmiah yang bersifat memiliki kebaruan. Pada kegiatan ini, mahasiswa dapat mempresentasikan hasil pemikiran melalui penulisan artikel ilmiah dan seminar. Hal ini bermanfaat dalam membuka wawasan seluruh civitas akademika, termasuk dosen dan mahasiswa. Selain itu, mahasiswa juga mendapat tambahan dari para akademisi dan praktisi yang diundang menjadi narasumber pada kegiatan ini. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan semangat meneliti, menulis, dan meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa.

Semoga dengan Terlaksananya acara Seminar Ilmiah Mahasiswa (SIM) FTKE 2022 ini, akan meningkatkan kompetensi dan semangat para dosen dan para mahasiswa. Melalui Seminar Ilmiah Mahasiswa (SIM) FTKE 2022 diharapkan para Dosen dan para Mahasiswa dapat menumbuhkan semangat meneliti, menulis, dan meningkatkan kepercayaan diri.