Berita

Berita Thumbnail
Sabtu, 25 Juni 2022
Oleh: ftke

Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) FTKE Usakti dengan FTTM-ITB

Dalam rangka mengisi Kerjasama yang telah dilakukan oleh Universitas Trisakti (Usakti) dan Institut Teknologi Bandung (ITB), maka dilakukan penandatangan PKS antara Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi (FTKE) Usakti dengan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB yang dilaksanakan pada hari senin, 20 Juni 2022 di Gedung Basic Science Center B (FTTM-ITB) lantai 4, Bandung.

Kegiatan Kerjasama ini dilakukan untuk saling bersinergi dalam pengembangan institusi melalui kerja sama di bidang Pendidikan, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. Ruang lingkup dari PKS ini adalah
(i) kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat;
(ii) Studi lanjut dosen; dan
(iii) Kegiatan lain yang disepakati

Kegiatan ini dipandu oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FTTM ITB Bapak Dr. Eng Syafrizal, S.T., M.T., dengan agenda pertama adalah arahan dari Dekan FTTM-ITB dan FTKE Usakti. Kesempatan pertama diberikan kepada Dekan FTTM-ITB Bapak Prof. Ir. Ridho Kresna Wattimena, M.T., Ph.D., IPU, yang dalam arahannya menyampaikan bahwa semoga dengan Kerjasama yang dilakukan ini dapat memberikan manfaat kepada kedua belah pihak untuk pengembangan institusi masing-masing ke depannya melalui kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan.

Selanjutnya adalah arahan dari Dekan FTKE Usakti Bapak Dr. M. Burhannudinnur, S.T., M.Sc, yang menyampaikan bahwa saat ini sedang dilakukan program percepatan studi lanjut bagi dosen-dosen muda FTKE Usakti, terutama untuk mengambil program doktoral yang salah satunya dapat memanfaatkan skema kemitraan yang menjadi salah satu program ITB. Dengan demikian pemenuhan standar minimum rasio dosen berpendidikan S3 dapat terpenuhi.

Disampaikan juga bahwa melalui Kerjasama ini dapat terus terjalin hubungan yang baik antara prodi-prodi yang berada di bawah naungan fakultas masing-masing.

Selain kedua pimpinan fakultas, pada kesempatan ini juga hadir dari pihak FTKE Usakti adalah Wakil Dekan IV Ibu Dr. Pantjanita Novi Hartami, S.T., M.T., IPM.; Ketua dan sekretaris Prodi Sarjana Teknik Geologi Bapak Dr. Suherman Dwi Nuryana, S.T., M.T., dan Bapak Muhammad Apriniyadi S.Si., M.Sc., sedangkan dari pihak FTTM ITB turut hadir Wakil Dekan Bidang Akademik Bapak Dr.Eng. Ir. Syafrizal, S.T., M.T., IPM; Wakil Dekan Bidang Sumberdaya Ibu Dr. Ir. Susanti Alawiyah, S.T., M.T., IPM.; Ketua Program Studi Pascasarjana (S2 & S3) Rekayasa Pertambangan Bapak Ir. Mohamad Nur Heriawan, M.T., Ph.D.; Ketua Prodi Pascasarjana Teknik Perminyakan Bapak Ir. Zuher Syihab, Ph.D., IPM.; Ketua Prodi Magister Teknik Geotermal Bapak Dr.Eng. Ir. Sutopo, M.Eng.

Setelah adanya arahan dari para pimpinan, kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan penandatangan PKS oleh Dekan FTKE Usakti danDekan FTTM ITB, yang kemudian diakhiri dengan sesi foto Bersama..

Dengan adanya penandatangan PKS ini, diharapkan dapat diisi dengan kegiatan-kegiatan untuk pengambangan kedua institusi ke depannya.