Berita

Berita Thumbnail
Minggu, 26 Juni 2022
Oleh: ftke

Diskusi Implementasi Kerjasama FTKE Usakti dengan FTM UPN Veteran Yogyakarta

Pada hari jumat, 24 Juni 2022 telah dilakukan diskusi implementasi Kerjasama antara Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi (FTKE) Universitas Trisakti (Usakti) dengan Fakultas Teknologi Mineral (FTM) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY). Kegiatan ini diselenggarakan di ruang rapat gedung FTM UPNVY.

Kegiatan Diskusi ini diawali dengan arahan dan sambutan dari Dekan FTM UPNVY Dr. Ir. Sutarto, M.T. Dalam sambutannya dijelaskan tentang kondisi FTM saat ini, kemudian mengenalkan pimpinan yang ada di lingkup FTM UPNVY, selain itu juga disampaikan bahwa penting untuk dilakukan mengisi Kerjasama yang sudah dirintis, sehingga tidak hanya sebagai simbolis belaka, harapannya melalui Kerjasama ini dapat meningkatkan hubungan bai kantar fakultas dan dapat menjadi center of excellent bagi kedua belah pihak.

Setelah mendengar arahan dari Dekan FTM UPNVY, kemudian dilanjutkan dengan mendengar arahan dari Dekan FTKE Usakti yakni Bapak Dr. Ir. Muhammad Burhannudinnur, M.Sc., IPM. Arahan dimulai dengan mengenalkan tim dari FTKE yang hadir dan kemudian dilanjutkan dengan paparan yang mengenalkan FTKE kepada peserta yang hadir. Adapun yang disampaikan adalah profil dosen (mulai dari rasio Pendidikan, jenis kelamin, jabatan kademik, dll), profil mahasiswa (student body hingga target mahasiswa per tahun), fasilitas pendukung seperti laboratorium, beberapa program pengembangan dosen, penelitian dan PKM termasuk jumlah jurnal, serta kendala-kendala yang dihadapai dalam pengelolaan program studi. Terkait dengan mengisi Kerjasama, diharapkan sudah ada kegiatan yang sudah bisa dijalankan oleh prodi-prodi pada tahun akademik yang akan datang.

Setelah mendengar arahan dari kedua pimpinan fakultas, kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang diawali oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FTM UPNVY Bapak Dr. Ir. Barlian Dwinagara, M.T. Disampaikan bahwa usulan kegiatan mengisi Kerjasama saat ini yang bisa dilakukan adalah pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen dan kegiatan penelitian & PKM. Setelah itu dilanjutkan dengan masukan dari pimpinan jurusan dan coordinator prodi yang hadir.

Diskusi dari pihak FTKE Usakti diawali oleh Wakil Dekan 1 yakni Bapak Dr. Suryo Prakoso, S.T., M.T. disampaikan bahwa usulan yang disampaikan oleh pimpinan di lingkup FTM UPNVY sama dengan yang sudah dirancang oleh pimpinan jurusan/prodi di lingkup FTKE, yang perlu kemudian untuk dilakukan adalah diskusi teknis di masing-masing Prodi. Seteleh arahan dari WD 1 FTKE kemudian mendengar penjelasan dari pimpinan Jurusan/Prodi di lingkup FTKE Usakti.

Berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan diperoleh 5 klaster utama yang dapat dilakukan untuk mengisi Kerjasama, diantaranya: kerasama jurnal, pertukaran dosen, penelitian dan PKM, publikasi, dan sharing resource laboratorium dan sertifikasi. Setelah diperoleh kesimpulan dari kegiatan ini, kegiatan dilanjutkan dengan foto Bersama. Terkait dengan pembahasan teknis pelaksanaan mengisi Kerjasama, dilakukan diskusi antar jurusan/prodi secara terpisah.

Setelah dilakukan diskusi di masing-masing jurusan/prodi, kegiatan selanjutnya adalah acara penutupan kegiatan Diskusi Impelementasi Kerjasama antara FTKE Usakti dengan FTM UPNVY. Semoga dengan pertemuan yang telah dilakukan memberikan manfaat dan hasil yang telah diperoleh, dapat dilaksanakan dengan baik.