Juknis

Juknis

Buku Petunjuk Teknis ini adalah merupakan pelengkap dari Buku Pedoman Program Pendidikan Universitas Trisakti Tahun Akademik 2022/2023 yang berisikan informasi mengenai kurikulum yang telah disusun berdasarkan Outcome Base Education (OBE) dan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Kurikulum Operasional (KO) Tahun Akademik 2021/2022 yang mengkonversikan kurikulum operasional Tahun Akademik 2019/2020, kurikulum tersebut mengacu pada Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI) yang digunakan dengan menyesuaikan kepada OBE dan MB-KM, diterapkan pada ke empat Program Studi yang ada di FTKE USAKTI, yaitu Program Sarjana Teknik Perminyakan, Teknik Geologi dan Teknik Pertambangan serta Program Magister Teknik Perminyakan. Buku ini berisi informasi yang perlu diketahui oleh seluruh civitas akademika di lingkungan FTKE USAKTI, yang terdiri atas Visi Misi dan Tujuan Fakultas maupun Prodi;

Sejarah berdirinya ke 4 Prodi di FTKE; Struktur Organisasi dan Sumber Daya Manusia; Program Pendidikan, Kurikulum dan Akuntabilitas; Proses Belajar Mengajar; Penjaminan Mutu; Kemahasiswaan; Layanan dan Fasilitas; dan Kerja sama.

Buku Petunjuk Teknis ini wajib menjadi pedoman bagi seluruh Dosen, Tendik dan Mahasiswa di lingkungan FTKE USAKTI. Buku Petunjuk Teknis Tahun 2022/2023 ini telah diperbaharui dari Buku Petunjuk Teknis tahun sebelumnya.

Pada tahun ini kurikulum sudah disusun berdasarkan Outcome Base Education (OBE), sehingga dicantumkan pula Profil Lulusan maupun Capaian Pembelajaran dari masing-masing Program Studi. Selain itu buku petunjuk teknis ini juga sudah dilengkapi dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sering kali diperlukan oleh Mahasiswa. Selanjutnya peraturan dan ketentuan sebelumnya yang bertentangan dengan yang tercantum di dalam buku ini dinyatakan tidak berlaku lagi.

Dengan membaca, memahami dan mengikuti petunjuk-petunjuk yang dicantumkan dalam buku Pedoman, buku Petunjuk Teknis dan Peraturan di Universitas, Fakultas dan Program Studi akan membantu kelancaran studi, tercapainya Visi Misi Fakultas dan Program Studi, yang akan menunjang terwujudnya pembangunan bangsa Indonesia yang sejahtera. Aamiin YRA.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada Tim Penyusun Buku ini yang terdiri atas para Wakil Dekan, para Ketua Program Studi, para Asisten Wakil Dekan, Para Dosen, Ketua Tata Usaha, Para Kasubbag, Ka UPT dan Tenaga Kependidikan, semoga memperoleh pahala dari Allah SWT. Aamiin YRA.

 

Download Juknis 2022 – 2023