Akademik

button-twitter.png button-facebook.png

Pedoman Skripsi

Mahasiswa adalah bagian dari civitas akademika yang ikut bertanggungjawab dalam upaya memelihara, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui kegiatan penelitian dan penyusunan karya ilmiah. Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi (FTKE) Universitas Trisakti mengharuskan mahasiswanya membuat karya ilmiah dalam bentuk skripsi/tesis yang disusun pada saat akhir studinya pada program sarjana atau pascasarjana

Skripsi/tesis merupakan karya tulis ilmiah yang berisi hasil penelitian mandiri oleh mahasiswa program sarjana/pascasarjana dengan didampingi oleh dosen pembimbing. Skripsi/tesis ini disusun untuk memenuhi persyaratan kelulusan, serta untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa dalam memformulasikan ide, konsep, pola berpikir dan kreativitas secara terpadu dan komprehensif dengan mengikuti aturan sebuah karya ilmiah. Dalam karya tulis ilmiah ini mahasiswa harus menunjukkan proses berpikir ilmiah, kreatif, integratif dan sesuai dengan disiplin ilmu dan capaian pembelajarannya.

Perbedaan skripsi dan tesis terletak pada kedalaman analisis yang dilakukan untuk memenuhi kualifikasi setiap jenjang KKNI. Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang dihasilkan oleh mahasiswa jenjang sarjana (level 6 KKNI) sedangkan tesis adalah karya tulis ilmiah untuk jenjang magister dan magister terapan (level 8 KKNI). Dengan demikian terlihat bahwa untuk menyusun sebuah skripsi seorang mahasiswa diberi kesempatan menerapkan langkah-langkah pendekatan ilmiah untuk memperoleh pengetahuan, sedangkan ketika menyusun sebuah tesis, mahasiswa diberi kesempatan untuk membuat sintesis baru atau menerapkan pengetahuan yang ada. Secara sederhana maka skripsi akan menjawab “apa” sedangkan tesis akan menjawab “apa” dan “bagaimana”.

Format penyusunan proposal dan laporan skripsi dan tesis harus seragam, sehingga diperlukan adanya suatu panduan dalam pelaksanaannya. Buku panduan penyusunan skripsi dan tesis ini mencakup disusun dengan tujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam menyusun proposal dan laporan skripsi/tesis dengan memuat garis besar tata cara penulisan kaya ilmiah yang menjadi standar penulisan skripsi/tesis bagi mahasiswa FTKE, Universitas Trisakti.

Download :
1.
2. TEMPLATE
  TEMPLATE PROPOSAL SKRIPSI 2019.docx
TEMPLATE SKRIPSI 2019.docx
TEMPLATE PROPOSAL TESIS 2019.docx
TEMPLATE TESIS 2019.docx
Penerimaan Mahasiswa Baru Trisakti